CARI DISINI:

Jumat, 29 Januari 2010

Asal Muasal Penggunaan Metode Statistik

-----
Mengetahui sejarah pengunaan metode statistik menjadi hal yang sangat menarik bagi setiap pembelajar. Selain itu juga hal tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam memahami statistik secara utuh.


Pengunjung sekalian, tahu kah kamu ? bahwa pengunaan metode statistik dalam penelitian ilmiah sebetulnya dimulai sejak tahun 1880 yang dirintis oleh F. Galton. Dia mencoba melakukan korelasi didalam penelitian ilmu hayat. Pada jaman itu, penggunaan metode statistik dalam penelitian ilmu hayat dan sosial sangat tidak lazim dilakukan. Bahkan pada abad ke-19, acapkali terjadi kecaman-kecaman pedas kepada siapa saja yang menggunakannya. Salah satunya adalah Karl Pearson yang mempelopori pengunaan metode statistik dalam berbagai penelitian biologinya maupun pemecahan persoalan yang bersifat sosio-ekonomis.


Singkatnya metode statistik moderen yang dikenal saat ini merupakan produk pengembangan statistik yang digunakan dalam penelitian ilmiah baik di bidang biologi, pertanian dan ekonomi pada waktu itu. Kemudian terjadi kemajuan yang pesat sejak tahun 1918-1935 dimana ketika itu R. Fisher memperkenalkan analisa ragam ke dalam literatur statistik.


Pada abad ke-20, metode statistik merupakan bidang pengetahuan yang sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Metodenya berkembang seiringan dengan penemuan-penemuan penting yang pesat oleh para matematisi dan statistisi guna menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi. Sehingga menjadikan metode statistik menjadi ilmu penegtahuan yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia moderen.


Perencanaan dan evaluasi hasil penelitian secara statistik di bidang teknologi memungkinkan kita melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap hasil penemuan yang berguna bagi umat manusia.
-----

0 komentar: